Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Lacak Keberadaan Bangkai Buaya untuk Selidiki Penyebab Kematian

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 18 Januari 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Pos Jaga Sampit, saat ini berupaya mencari bangkai buaya yang hanyut di Sungai Mentaya, Kotawaringin Timur. Selanjutnya, mencari tahu penyebab satwa dilindungi itu. 

"Untuk mengetahui ukuran dan penyebab kematian, harus melihat langsung bangkainya," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa, 18 Januari 2022. 

Kendala yang dihadapi BKSDA adalah kondisi pasang surut air Sungai Mentaya. Sehingga petugas kesulitan melacak keberadaan bangkai buaya tersebut. 

"Bisa ke hilir, bisa ke hulu. Pasang surut air sungai membuat sulit pencarian," ucapnya.

Semestinya, ketika ditemukan bangkai buaya tersebut dibawa ke tepi sungai. Bila tidak memungkinkan untuk diangkat ke daratan, bangkai buaya bisa diletakan di tepi sungai yang ada hutannya. Sehingga tidak menggangu warga. 

Informasi yang diterima pihak BKSDA, bangkai buaya sempat dipinggirkan salah satu motoris kelotok atau perahu di perairan Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut.

Saat air pasang, bangkai buaya tersebut sempat hanyut sampai Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Sementara saat ini, belum diketahui lokasi dari bangkai buaya tersebut. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru