Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusda Dinilai Strategis Turut Serta Membangun Daerah

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Januari 2022 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon menilai keberadaan Perusahaan Daerah (Perusda) sangat strategis turut serta membangun daerah dan perekonomian.

Menurutnya, kontribusi perusda berperan penting dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karenanya diharapkan perusda yang ada di Kalteng mampu berkembang dan maju.

"Perusda harus mempunyai terobosan terutama dalam mengembangkan berbagai hal, contohnya dari produk industrinya, karena dari situ kita memandang akan mampu meningkatkan penghasilan," ujarnya, Selasa, 18 Januari 2022.

Selain itu, mengingat sebelumnya dari sejumlah pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yang jadi kendala yaitu dari segi anggaran. Sehingga pemerintah diharapkan dapat memaksimalkan peran perusda yang ada di Kalteng.

Di lain hal, diharapkan juga apabila ada perusda yang hendak mengelola sesuatu seperti perkebunan, pertanian, peternakan dan lainnya hendaknya hal tersebut dapat diakomodir oleh pemerintah.

"Tujuan dari itu semua yakni untuk menggali PAD. Perusda kan milik daerah jadi wajar jika perusahaan itu ingin berkembang bisa diakomodir pemerintah," jelasnya.

Di sisi lain untuk memaksimalkan peran perusda juga yang perlu diperhatikan yaitu manajemen yang ada, kapan perlu manajemen di perusda diisi oleh orang-orang yang kompeten yang memiliki naluri bisnis diatas rata-rata. Bukan malah sebaliknya diisi oleh kalangan tua yang merupakan pensiunan-pensiunan pegawai. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru