Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kwarcab Sukamara Kembangkan Tanam Hidroponik

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Januari 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukamara melakukan kegiatan pengembangan tanaman hidroponik diharapkan budidaya tersebut dapat dikembangkan oleh anggota pramuka maupun masyarakat.

Sekretaris Kwarcab Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan paket tanaman hidroponik tersebut merupakan bantuan dari Kwartir Kalteng.

"Dengan bantuan itu gerakan pramuka diwilayah kita mulai melakukan pengembangan dan mudah-mudahan ini bisa berhasil," kata Syamsir, Selasa 18 Januari 2022. 

Syamsir melanjutkan paket bantuan hidroponik yang diterima berupa green house, plastik ultra violet, media tanam hidroponik rockwool cultilene beserta bibit sayur pakcoy nauli, pupuk nutrisi, EC TDS meter pengukur, Net Pot NFT hidroponik aquaponik, selang serta pipa paralon.

"Sistem hidroponik adalah salah satu metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman," jelasnya.

Selain itu kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, sehingga Sistem hidroponik memungkinkan untuk menanam tanaman yang diinginkan dan dipanen kapan saja, meskipun bukan musim tanaman hasil tanaman hidroponik lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia.

"Oleh karena itu kita berharap budidaya tanam sistem hidroponik ini bisa dikembangkan anggota pramuka dan masyarakat Sukamara," ucapnya.
(NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru