Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Serahkan Alat Perontok Padi untuk Kelompok Tani

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Januari 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang secara simbolis menyerahkan alat perontok padi untuk beberapa kelompok tani di wilayah Kecamatan Tewang Sanggalang Garing atau TDG dan Kecamatan Pulau Malan, Kamis, 20 Januari 2022.

Pada kesempatan ini, Wabup Sunardi Litang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Katingan, Yosy.

Acara penyerahan bantuan alat perontok padi ini dipusatkan di Desa Dahian Tunggal Kecamatan Pulau Malan. 

Wakil Bupati Sunardi Litang berharap, bantuan tersebut bisa dipergunakan dengan baik yang bertujuan mempermudah masa panen padi para petani. 

"Harapan saya dengan adanya peralatan ini bisa mengurangi tenaga dan biaya dalam hal panen padi," katanya. 

Sunardi mengatakan, bertani itu mudah dan menguntungkan. "Artinya kemudahan ini karena akan didorong dengan peralatan yang modern. Imbas baliknya, maka kita harapkan lagi petani semakin tertarik terjun ke dunia pertanian," sebut Wabup Sunardi Litang. 

Dia melanjutkan, wilayah Kecamatan Pulau Malan dan Tewang Sangalang Garing berada di tengah-tengah Kabupaten Katingan. Sistem pertaniannya, kata dia, masih mengunakan pertanian tradisional dengan pola ladang yang lahannya dibersihkan untuk kemudian ditanami padi dengan cara tugal. 

Varietas padi yang ditanam biasanya padi gunung atau gogo umur 6 bulan. "Lahan pertanian di sini secara perlahan akan dibuat mekanisasi atau pertanian modern seperti pertanian di wilayah Kecamatan Katingan Kuala," demikian Wabup Sunardi Litang menyampaikan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru