Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan di Dua Kecamatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Januari 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak warga di beberapa desa wilayah Kecamatan Dadahup dan Kapuas Murung.

Plt Kepala Distan Kapuas, Yaya melalui Kasi Kesehatan Hewan, drh Anik Ariswandani mengatakan hewan ternak yang diperikaa meliputi itik, kambing dan sapi.

"Kegiatan itu menindaklanjuti laporan masyarakat adanya beberapa ternak yang sakit dan mati," kata Anik, Minggu 23 Januari 2022.

Disebutkannya, dari hasil pemeriksaan rata-rata merupakan ternak yang baru dipelihara oleh masyarakat. Karena kurang fit setelah perjalanan dari tempat asal.

"Hewan ternak masih penyesuaian dengan lingkungan baru dan cuaca yang sering hujan, jadi faktor pemicu sakit dan matinya ternak-ternak tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut, peternak disarankan untuk rajin memberi air gula merah untuk menaikkan kondisi ternaknya dan membiasakan peternak untuk tertib melakukan karantina mandiri.

"Untuk ternaknya yaitu dengan menempatkan ternak yang baru dibeli tidak satu kandang dengan ternak yang sudah lama dipelihara," imbuhnya.

Tujuannya, lanjut perempuan berkacamata ini supaya kalau ternak baru membawa penyakit maka tidak akan menular ke ternak yang sudah dipelihara sebelumnya.

"Ternak yang sakit kemudian diberikan pengobatan, pemberian vitamin dan obat cacing dan peternak disarankan selalu menjaga kebersihan dan mendesinfeksi kandang," ucapnya.

Karena itu juga merupakan kunci kesehatan ternak selain pakan yang cukup. Hal ini berlaku universal baik untuk ternak itik, kambing, sapi maupun ternak-ternak yang lain. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru