Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desak Lingkar Selatan Segera Diatasi

  • Oleh Naco
  • 23 Januari 2022 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Ary Dewar mendesak agar penanganan jalan lingkar selatan harus segera dilakukan.

Menurutnya solusi paling tepat ini melibatkan dan mengajak pihak swasta secara konsorsium untuk kembali memperbaiki ruas jalan lingkar itu.

“Karena saya melihat truk-truk kembali masuk dalam Kota Sampit, sehingga jalan-jalan yang sudah diperbaiki ini tidak akan mampu bertahan lama dan berapa kerugian daerah jika harus memperbaiki ruas jalan yang sudah mulus ini,” kata Ary Dewar, Minggu, 23 Januari 2022.

Jalan lingkar selatan itu sendiri membentang sepanjang 7,5 kilometer dari Bundaran Balanga Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran KB Jalan HM Arsyad. 

Di mana ruas jalan ini dikhususkan untuk angkutan berat dari maupun menuju Pelabuhan Bagendang sehingga tidak masuk melintasi jalan dalam Kota Sampit.

Saat ini terdapat kerusakan parah di sejumlah lokasi. Kubangan dengan kedalaman hingga 50 centimeter sangat berisiko bagi kendaraan berat karena bisa menyebabkan kendaraan terguling.

Jika jalan lingkar selatan ini tuntas diperbaiki dan dipelihara maka dirinha yakin kendaraan akan mudah melintas di jalan lingkar selatan ini. 

Ary juga menyarankan agar timbunan yang digunakan untuk  lingkat selatan memang harus dirumuskan sehingga bisa bertahan lama.  

Menurutnya timbunan agregat yang penah dilakukan  ternyata tidak bisa bertahan lama pula. Harusnya ditimbun dengan latrit  sembari kiri kanan jalan itu paritnya diperdalam sehingga air tidak menggenang badan jalan ketika musim hujan seperti sekarang.

Seperti yang pernah dilakukan sebelumnya, perusahaan menyumbang material agregat kelas B dan Dinas Pekerjaan Umum menurunkan alat berat mereka untuk meratakan material itu sehingga jalan kembali fungsional dan lancar dilewati. (NACO/B-5)

Berita Terbaru