Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Ubah Strategi Tangkap Beruang di Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 24 Januari 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, mengubah strategi dalam upaya menangkap beruang yang berkeliaran di dalam Kota Sampit, Kotawaringin Timur. Sebab, perpindahannya sangat dinamis dan beruang tergolong cerdik. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, menjelaskan pihaknya akan mengejar beruang ke lokasi terbaru yang dilaporkan. Pihaknya juga akan memasang perangkap beruang di lokasi terbaru tersebut. 

"Pas ada laporan terbaru, kami kejar terus posisi beruang . Mudahan beruangnya bisa secepatnya terperangkap," kata Muriansyah, Senin, 24 Januari 2022. 

Saat ini, BKSDA telah memindahkan perangkap, dari Jalan Karya Bersama, Lingkar Kota Utara, ke kawasan jalan baru menuju Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi. 

Lokasi perangkap yang sekarang berada sekitar 2 kilometer dari lokasi sebelumnya. Sebelumnya di lokasi ini ada laporan kemunculan beruang yang diyakini telah merusak pondok warga. 

"Di lokasi ini kami pasang umpan, 1 nanas digantung, 1 dicincang. Lalu kami hambur di pintu masuk dan gula putih. Umpan sebelumnya sudah busuk dan kering," jelas Muriansyah. 

Sebelumnya, BKSDA memasang perangkap di sekitar pondok warga yang dirusak. Namun beruang tak jua masuk perangkap. 

"Kuat dugaan beruang yang sama. Makanya kami pasang di tempat baru ini," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru