Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Hanya Angkutan Tambang, Kemenhub Rencanakan Kereta Penumpang di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 Januari 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan, nantinya kereta di Kalteng tak hanya untuk angkutan barang berupa tambang.

Pemerintah berencana membangun proyek kereta api umum atau angkutan penumpang dan barang di wilayah Kalteng dengan rute sampai Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kalteng, Yulindra menyampaikan, kementerian bersama pihak pelaksana telah menyelesaikan feasibility study (FS) atau studi kelayakan sebagai tahap awal perencanaan.

“Masih ada lagi persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembangunan jalur umum ini. Tapi inikan kajian dari kementerian untuk trayek dari Palangka Raya-Banjarmasin,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembangunan rel kereta api ini akan memberi dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi dengan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, akan membuat berbagai sarana transportasi sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai kegiatan.

“Memang ini (pembangunan rel, Red) tidak bisa langsung, karena ada proses yang harus dijalankan. Namun pada intinya ini tetap berjalan, sehingga realisasinya bisa terlaksana,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru