Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi di Kalteng Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Januari 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohanes Freddy Ering berharap koperasi mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Menurut Freddy, pemanfaatan perkembangan teknologi berbasis digital sangat perlu diterapkan pada lembaga yang bergerak di bidang ekonomi seperti koperasi. Karena itu akan memudahkan koneksi antara koperasi dan masyarakat.

"Kami mendorong hal ini agar bisa diterapkan oleh seluruh koperasi yang ada di Kalteng ini. Karena, dengan memanfaatkan teknologi maka semuanya akan serba mudah, cepat, dan tanpa ribet," kata dia, Selasa, 25 Januari 2022.

Dia mengungkapkan, saat ini memang ada banyak aplikasi pinjaman yang berlatar belakang koperasi. Akan tetapi hal itu tidak ada yang berada di Kalteng secara umum.

Untuk Kalteng sendiri saat ini rata-rata koperasi yang ada masih menggunakan proses secara manual. Oleh karenanya, ia mengajak koperasi yang ada di provinsi ini agar bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan pemberian pinjaman yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Banyak koperasi konvesional yang ada di Kalteng saat ini dalam kondisi mati suri atau tinggal nama karena kalah bersaing. Semoga saja koperasi yang masih ada bisa memanfaatkan teknologi digital agar gairah perkoperasian di provinsi ini bisa kembali tumbuh," ujarnya.

Disebutkannya juga bahwa, dengan transformasi digital segala hal yang bersifat administrasi bisa diakses cukup melalui smartphone. Sehingga, akses antara koperasi dan masyarakat dapat terhubung dengan mudah. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru