Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerbang Pantai Kubu Dipasang Lampu dan Rambu Lalu Lintas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Januari 2022 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pariwisata bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan pemasangan lampu penerang dan sejumlah rambu lalu lintas di gerbang retribusi Pantai Kubu, Desa Kubu, Kecamatan Kumai.

Pemasangan lampu dan rambu agar tidak ada lagi kejadian kecelakaan yang belum lama ini terjadi di lokasi tersebut, terutama terkait keluhan masyarakat bahwa di gerbang retribusi bila malam hari rawan kecelakaan lalu lintas, lantaran kondisinya sangat gelap.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kobar Sukardi menjelaskan untuk sementara ini pemasangan lampu hanya satu unit yang berada di tengah gerbang.

"Pemasangan lampu sementara ini baru satu yaitu di atas gerbang bagian tengah, setidaknya di tempat tersebut tidak lagi gelap," ujarnya, Selasa, 25 Januari 2022.

Dia menjelaskan kenapa lampu baru terpasang satu unit, hal itu karena pihaknya bersama Dishub Kobar mengalami kendala lantaran tidak mempunyai KWH sendiri. Namun nanti kedepannya akan diupayakan bersama PLN untuk jaringannya, dan khusus untuk lampu PJU ini ranahnya Dishub.

Selain pemasangan lampu, juga dilakukan pemasangan sejumlah rambu yang dipasang di depan dan belakang gerbang atau patung ikan, berupa tiang reflektor.

"Menggunakan reflektor sejenis scotlite bila tersinar lampu akan kelihatan hidup, dan dengan penambahan sarana dan prasarana pengamanan ini bila masih ditabrak, kita tidak tahu lagi salah siapa," ungkapnya.

Terkait dengan patung ikan yang dalam kondisi rusak berat, pihaknya sedang menunggu disposisi dari Bupati Kobar untuk pembongkaran dan nota pertimbangan sudah disampaikan ke pemerintah daerah.

Pembongkaran tersebut dilakukan mengingat konstruksi sudah rusak berat akibat kecelakaan beberapa waktu lalu dan dikhawatirkan ambruk dan menimpa pengendara.

"Kami berhara agar masyarakat dan pengunjung yang melintas di gerbang pantai Kubu pada siang dan malam hari agar berhati-hati. Terlebih di titik tersebut memang dilakukan penyempitan jalan karena merupakan titik pemungutan retribusi," tuturnya.

Dia menambahkan ke depannya akan dilakukan pembongkaran dan dipasang pembatas jalan semi permanen, sehingga ketika pada saat akhir pekan dan hari libur nasional pembatas tersebut digunakan, dan setelah selesai akan dilepas kembali, sehingga jalan menjadi luas. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru