Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Resmikan Trayek Perintis Bus Damri Antarkecamatan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Januari 2022 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana secara langsung meresmikan operasional trayek angkutan umum Damri antarkecamatan. 

Peresmian ini dihadiri Wakil Bupati, unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Kepala Balai Pengelolaan Perhubungan Daerah (BPTD), General Manager Damri Cabang Palangka Raya dan berlangsung di Terminal Gerantung Nanga Bulik, Rabu 26 Januari 2022

Trayek yang diresmikan kali ini jurusan Nanga Bulik - Kudangan (PP) dan Nanga Bulik - Bukit Jaya (PP). Sebelumnya kedua trayek ini telah diujicoba sejak 13 Januari 2022.

Saat menyampaikan laporan, Kepala Dinas Perhubungan Lamandau, Triadi menyebut selama kedua trayek baru ini diujicobakan telah mendapat respon positif dari masyarakat pengguna moda transportasi umum. "Responnya bagus, masyarakat cukup antusias memanfaatkan moda tranportasi umum ini," katanya.

Mantan Kasatpol PP dan Damkar Lamandau itu juga memastikan dalam waktu dekat pihaknya akan kembali mengaktifkan Termjnal Gerantung Nanga Bulik yang sejak lama tidak berfungsi. Ke depan semua trayek angkutan umum yang melintas ke perkotaan (Nanga Bulik) akan diwajibkan masuk ke terminal.

"Dengan difungsikannya kembali terminal Gerantung nantinya diharapkan dapat menimbulkan trickle down effect bagi masyarakat sekitar, terutama pelaku UMKM paling sedikit 30 persen sesuai Permenhub 24 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan," ujarnya.

Sementara Bupati Lamandau dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan salah satunya ditentukan oleh sektor transportasi karena menjadi urat nadi kehidupan masyarakat untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan perekonomian.

"Melalui bus perintis Damri diharapkan menjadi pemicu atau stimulan peluang usaha yang bergerak dibidang transportasi umum lainnya," ungkapnya. 

Hendra berharap adanya trayek perintis dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat serta membantu kemudahan akses dalam menggunakan jasa transportasi di Lamandau.

Sebelum diresmikannya dua trayek baru itu, selama ini ada dua trayek lain yang telah berjalan yakni trayek Lamandau - Palangka Raya (PP) dan trayek Lamandau - Sukamara (PP). (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru