Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan PTM Perlu Terus Dievaluasi

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Januari 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah melalui berbagai pertimbangan dan melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia yang sudah mulai melandai bahkan para pelajar sudah divaksin, pemerintah telah memberikan kelonggaran terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang kini dapat dilakukan secara 100 persen.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan meski demikian dalam pelaksanaannya PTM ini perlu terus di evaluasi. Evaluasi itu perlu dilaksanakan secara berkala, baik oleh sekolah maupun dinas terkait dalam hal ini Disdik. Sebab, melalui evaluasi secara berkala akan terlihat perkembangan pelaksanaan PTM di masing-masing sekolah.

"Pelaksanaan PTM 100 persen ini kan berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, dan sudah berjalan selama beberapa pekan terakhir. Jadi, fleksibel saja silakan dilaksanakan namun tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, dan harus dievaluasi supaya terlihat perekembangannya," kata dia, Rabu, 26 Januari 2022.

Dia menilai pelaksanaan PTM 100 persen memang sudah saatnya dilakukan mengingat perkembangan Covid-19 yang terus melandai. Dengan demikian keputusan pemerintah untuk melaksanakan PTM bukan keputusan yang sepenuhnya keliru, meskipun terdapat pro dan kontra atas kebijakan tersebut.

Menurutnya, pelaksanan PTM 100 persen juga memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan khususnya di Kalteng. Sebab, jika peserta didik terlalu lama melaksanakan pembelajaran secara daring, maka akan banyak waktu lowong yang tidak bermanfaat. Selain itu juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misal saja pernikahan anak akibat terlalu lama anak-anak tidak masuk sekolah.

"Apabila pernikahan anak terus meningkat maka akan banyak dampak negatif dari masalah tersebut, mulai dari kekerasan dalam rumah tangga, kenakalan remaja, perceraian dini hingga stunting. Pada intinya pelaksanaan PTM perlu evaluasi supaya bisa terus berjalan dengan baik," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru