Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengguna Knalpot Brong Ditertibkan di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Januari 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para pengendara roda dua terutama yang selama ini menggunakan knalpot brong bakal ditindak untuk ditertibkan oleh pihak Satlantas Polres Katingan.

Pasalnya, penggunaan knalpot brong dinilai mengganggu kenyamanan warga karena menimbulkan suara bising. 

Bahkan pihak Satlantas Polres Katingan melakukan razia terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong itu di Kereng Pangi, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kamis 27 Januari 2022.

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo melalui Kasatlantas Iptu Lenina Olin mengatakan penggunaan knalpot brong kerap meresahkan masyarakat karena suaranya yang berisik dan mengganggu. 

Pengguna knalpot brong termasuk dalam pelanggaran lalu lintas.  Satlantas Polres Katingan gencar menggelar razia kendaraan berknalpot brong menuju Kalteng zero knalpot brong.

Iptu Lenina menururkan pengendara bermotor berknalpot racing atau tidak sesuai standar pabrikan tercantum dalam Pasal 285 ayat 1 UU Lalu Lintas dan angkutan jalan, bisa di pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

"Kami (Satlantas.red) menindak tegas dan merazia knalpot brong disejumlah titik, dan hari ini berada di Kereng Pangi Desa Hampalit," katanya.

Hasil razia hari ini sedikitnya tiga unit sepeda motor yang memakai knalpot brong terjaring razia. Pengendaranya kemudian diberikan tilang dan sepeda motor ditahan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru