Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Kasus Pernikahan Dini Perlu Kerja Sama Semua Pihak

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Januari 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan untuk menenkan kasus pernikahan dini yang kerap terjadi di Kalimantan Teng, khususnya memerlukan kerja sama semua pihak.

Dia mengakui prihatin dengan kondisi ini, sebab dengan maraknya pernikahan dini maka kasus stunting juga akan banyak terjadi dan pemerintah diharapkan dapat mengatasi hal itu.

"Ada berbagai cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi kasus pernikahan dini ini, salah satunya yaitu dengan penguatan pendidikan dan penanganan lain yang berkaitan dengan masalah sosial," kata Duwel, Kamis, 27 Januari 2022.

Disebutkannya, selain dari pemerintah lembaga adat dan agama juga memiliki peran penting dalam upaya menekan angka pernikahan dini. Sebab jika ini terus terjadi maka akan menimbulkan dampak negatif, selain stunting juga dapat mengakibatkan tingginya kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

Tidak hanya sampai di situ saja, peran kedua orang tua sangat diperlukan agar pernikahan dini tidak terjadi. Orang tua harus bisa memberikan pemahaman kepada anak-anaknya mengenai dampak buruk dari pernikahan dini tersebut.

"Menikah sebaiknya memang harus benar-benar siap dari segi umur, mental atau psikis, pekerjaan, dan lain-lain, sehingga ketika waktu menikah sudah siap menjalani rumah tangga. Ini yang harus diperhatikan," ujarnya.

Dia berharap kasus pernikahan dini di Kalteng dapat segera teratasi agar tidak semakin tinggi dan berakibat buruk terhadap berbagai permasalahan kedepan. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru