Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng dan Sumatera jadi Percontohan Food Estate

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Januari 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Sekretaris Kabinet (Seskab) Bidang Perekonomian, Satya Bhakti Parikesit menyampaikan program food estate Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Sumatera akan menjadi percontohan program serupa untuk wilayah lain.

“Food Estate di Sumatera Utara dan Kalteng akan menjadi percontohan Food Estate bagi Provinsi lain,” kata Satya saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Food Estate, Kamis 27 Januari 2022.

Ia menuturkan program food estate akan didorong dan diberikan dana dari APBN, tetapi harus ada return economy yang diberikan kepada negara.

Satya menyampaikan PresidenJoko Widodo menyampaikan beberapa arahan terkait Food Estate. Di antaranya Food Estate yang dibangun di Sumatera Utara dan Kalteng agar segera diselesaikan pada 2021.

Selanjutnya akan dievaluasi dari program tersebut, khususnya terkait penerapan teknologi yang senada di kawasan tersebut.

Ia menyampaikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi 2021, Sekretariat Kabinet menemukan berbagai permasalahan dalam pengembangan program Food Estate.

Permasalahan tersebut terdiri dari ketersediaan sarana dan prasarana serta infrastruktur yang belum memadai seperti alsintan, jalan, dan irigasi, Area of Interest (AoI) yang memerlukan revisi.

Kemudian belum ditetapkannya AoI untuk 3 Kabupaten di Sumut wilayah Pakpak Bharat, Tapteng, dan Taput dan juga perencanaan AoI di Sumatera Selatan dan Papua.

Setelah itu model bisnis Food Estate korporasi petani dan konsep BLU yang belum tersosialisasi dengan baik di kalangan petani.

Sampai ke masalah Perpres Food Estate masih dalam tahap penyusunan sehingga program Food Estate belum memiliki payung hukum mandiri dan master plan Food Estate untuk nasional dan per provinsi belum selesai disusun. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru