Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih ada Gap Tinggi antara Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Januari 2022 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat masih ada gap atau jarak cukup jauh antara indeks literasi dan inklusi keuangan di Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Indeks literasi dan inklusi keuangan Kalteng tercatat masing-masing sebesar 37,01 persen dan 75,33 persen,” ungkapnya dalam rilis tertulisnya, Kamis 27 Januari 2022.

Dia mengatakan untuk memperkecil gap antara kedua indeks tersebut, OJK Kalteng menghimbau kepada Lembaga jasa Keuangan (LJK) untuk menyelenggarakan edukasi secara masif dan periodik.

Edukasi tersebut bisa dilakukan melalui seluruh jaringan kantor LJK yang berada di Kalteng dengan target audiens prioritas yakni Perempuan/Ibu Rumah Tangga, Pelaku UMKM, Masyarakat Daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan Kaum Difabel.

“OJK Kalteng bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng juga tengah mengembangkan website Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang dapat diakses melalui tautan www.tpakdkalteng.id,” tambahnya.

Otto menyampaikan website sedang direncanakan untuk dilakukan pengembangan tahap II dengan menambahkan fitur pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) secara online. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru