Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Isu Strategis Kabupaten Gunung Mas dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah 5 Tahun ke Depan

  • Oleh Magang 2
  • 28 Januari 2022 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menyampaikan 8 isu strategis dalam pelaksanaan pembangunan daerah 5 tahun ke depan.

"Salah duanya yakni soal percepatan insfrastruktur dasar dan aksesibilitas wilayah dan peningkatan daya saing sumber daya manusia (SDM)," ujarnya melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing diacara  Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023, Kamis 27 Januari 2022.

Orang nomor 1 di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini menyebut bahwa gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) untuk pencegahan stunting dan penanganan Covid-19 juga menjadi isu strategis Kabupaten Gumas dalam pelaksanaan pembangunan daerah lima tahun ke depan.

Isu-isu strategis Kabupaten Gunung Mas lainnya dalam pelaksanaan pembangunan daerah lima tahun ke depan yakni terkait pengembangan dan pemanfaatan potensi unggulan dan sumber daya daerah yang berkelanjutan, optimalisasi penanggulangan kemiskinan, implementasi reformasi birokrasi, implementasi standar pelayanan minimal (SPM) dan peningkatan pengelolaan lingkungan hidup.

Berbagai isu tersebut berkolerasi dengan permasalahan yang dihadapi pada tahun 2023 dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gunung Mas.

"Permasalahannya yakni belum meratanya pembangunan dan infrastruktur, belum optimalnya pengembangan perekonomian di sektor unggulan daerah, masih rendahnya SDM, belum optimalnya penyelenggaraan dan penerapan tata pemerintah yang baik dan belum optimalnya pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup," tukasnya.

Terkait berbagai permasalahan dan isu strategis tersebut, Jaya juga mengungkapkan terkait target capaian kinerja pembangunan Kabupaten Gunung Mas 2023.

"Sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2019-2024, target capaian kinerja pembangunan Kabupaten Gunung Mas 2023 antara lain: laju pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 6,09 persen, tingkat kemiskinan menurun menjadi 4 persen, tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 2,12 persen, indeks gini menurun menjadi 0,25; dan indeks pembangunan manusia meningkat menjadi 71,70 persen," jelasnya. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru