Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Ayam Peliharaan Warga Seruyan Jadi Mangsa Kucing Hutan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 28 Januari 2022 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebelum masuk perangkap warga, kucing hutan di Desa Kartika Bakti, Desa Kartika Bakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan sempat menyerang ayam peliharaan warga. Sekitar 15 ekor ayam sudah menjadi korban kebuasan kucing hutan itu. 

"Kucing hutan ini sudah menyerang dan memakan ayam peliharaan milik warga. Total sudah 15 ayam yang diserang atau dimakan," jelas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Jumat 28 Januari 2022. 

Khawatir kucing itu menyerang manusia, warga pun berupaya menangkapnya dengan menggunakan perangkap. Rabu 26 Januari 2022, warga berhasil memerangkap kucing hutan itu.

"Kami sangat apresiasi kesadaran warga yang mengamankan kucing liar itu. Karena mengetahui kalau kucing hutan dilindungi Undang-Undang RI, warga pun menghubungi pusat panggilan BKSDA Kalteng," katanya. 

Selanjutnya BKSDA Pos Jaga Sampit menerima terusan laporan dan mendapat perintah segera menjemput ke kediaman pelapor.

Kucing hutan ditemukan dalam kondisi sehat. Melihat kondisi ini, kucing hutan akan langsung dibawa ke kantor BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun. 

Kucing hutan merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh negara. Masyarakat dilarang memelihara apalagi memperjualbelikannya. Bila tidak maka sanksi hukuman pidana menanti. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru