Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Indramayu Menari Topeng di HPN

  • Oleh ANTARA
  • 29 Januari 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Bupati Indramayu Nina Agustina siap tampil menari topeng "Kelana Gandrung" di Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketua AK-PWI Yusuf Susilo Hartono dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan setelah main film "Ngarot" tahun lalu, kini Bupati Indramayu Nina Agustina bersiap tampil menari topeng "Kelana Gandrung" di Hari Pers Nasional (HPN).

Putri mantan Kapolri Da'i Bachtiar itu, kata dia, merupakan satu dari sembilan bupati/ wali kota yang telah ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan-Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat 2022.

Yusuf Susilo Hartono mengatakan ada empat bupati/wali kota yang membawa tim keseniannya ke Kendari, masing-masing Bupati Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, Bupati Magetan, Provinsi Jawa Timur, dan Bupati Sumbawa Barat, Pronsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Namun dari keempat kepala daerah itu, hanya Nina yang ikut terjun langsung menari bersama tim kesenian dari Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah," kata Yusuf.

Nina bakal menari dengan Aerli (cucu penari topeng legendaris almarhumah Mimi Rasinah) dan diiringi nayaga dan gamelan hidup yang dibawa langsung dari Indramayu.

Reputasi Aerli sendiri, sebagai penari topeng sudah melanglang buana mengikuti berbagai festival internasional di Jepang, Belanda, Australia, dan lainnya.

Tarian itu biasanya untuk moruat atau (mengobati) daerah yang sedang terkena wabah penyakit, karena di setiap gerakan tarian ini bermakna keberkahan untuk semua.

Taian tersebut juga melambangkan kecintaan rakyat kepada pemimpinnya akan memberikan energi positif terhadap pemimpin dalam menjalankan setiap roda pemerintahan.

Sedangkan Bupati Magetan Suprawoto membawa tim penari yang akan mempersembahkan tarian "Jalak lawu" karya koreografer Siska Hariyati, dimainkan oleh Sanggar Mahalawu Dance Performace.

Berita Terbaru