Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 Orang Positif Covid-19 di Kotim dan Seruyan Diduga Varian Omicron

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Januari 2022 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Per hari ini, ada 8 warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan yang positif Covid-19. Diduga kuat mereka terpapar virus varian baru yakni Omicron. 

"Ada dugaan mengarah kesana (Omicron), karena beberapa orang yang positif gejalanya sama dengan gejala Omicron," ujar Dokter Penanggungjawab Laboratorium PCR BSL II RSUD dr Murjani Sampit dr Ikhwan Setiabudi, Sabtu, 29 Januari 2022.

Hal itu diketahui setelah beberapa orang diantaranya berkonsultasi dengan dirinya, dan memiliki gejala yang sama dengan Omicron, yakni batuk pilek. Namun Ikhwan sendiri belum bisa memastikan hal tersebut, karena harus melalui uji klinis.

Pihaknyapun sudah berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai langkah Uji laboratorium, guna mengetahui ada atau tidaknya mutasi virus varian Omicron di daerah ini . 

"Kami sudah berkoordinasi terkait hal tersebut, dan saat ini masih menunggu jadwal serta permintaan pengiriman sampelnya," kata Ikhwan. 

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kotim dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terkait hal tersebut. Sehingga, jika nantinya hasil dari pemeriksaan sampel keluar, akan disampaikan kembali kepada masyarakat. 

"Yang pasti, saya harap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. Karena itu merupakan hal utama dalam upaya untuk mengantisipasi terpaparnya Covid-19," terang Ikhwan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru