Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

126 ASN Barito Timur Antusias Ikuti Lelang Jabatan

  • Oleh ANTARA
  • 29 Januari 2022 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 126 aparatur sipil negara atau ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur saat ini sedang memperebutkan jabatan melalui asesmen atau lelang jabatan.

“Asesmen atau lelang jabatan diselenggarakan selama empat hari. Satu hari pada minggu pertama dan tiga hari sejak Selasa (25/1),” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), John Wahyudi, Sabtu 29 Januari 2022.

Pejabat yang mengikuti 126 orang tersebut di antaranya ada 12 pejabat eselon II yang memperebutkan jabatan kepala dinas atau badan. Sisanya 114 pejabat eselon III memperebutkan jabatan sekretaris dan kepala bidang.

Pemkab Barito Timur melaksanakan asesmen sebagai upaya mengisi sejumlah kekosongan jabatan sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang beriringan dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Melalui asesmen atau lelang jabatan itu, kata John, maka dilaksanakan uji kompetensi, kemampuan manajerial, teknis, sosial kultural dan kompetensi strategi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Sejumlah pejabat yang memenuhi syarat dan ketentuan serta standar penilaian akan diusulkan untuk mengisi jabatan dipilih.

“Untuk asesmen sudah berakhir pada Kamis (27/1) kemarin. Hasilnya nanti akan disampaikan panitia seleksi secara terperinci kepada pimpinan daerah. Berkaitan masalah siapa yang dipercaya dan pelantikan nanti itu merupakan kewenangan pimpinan,” katanya.

Keikutsertaan ASN yang memiliki kompetensi dalam mengikuti asesmen tersebut diharapkan mampu mendorong pelaksanaan percepatan pembangunan sesuai dengan visi-misi daerah 2018-2023.

Bagi pejabat yang tidak mampu melaksanakan program kerja pembangunan daerah sebagaimana visi-misi daerah akan diberhentikan dari jabatannya. Hal itu dinilai sebagai sebuah konsekuensi yang wajar.

Namun ada jabatan yang tidak dilaksanakan asesmen atau lelang jabatan yakni jabatan Camat dan Sekretaris Camat.

ANTARA

Berita Terbaru