Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOPD Harus Kreatif Gali PAD

  • Oleh Naco
  • 02 Februari 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Ardiansyah meminta satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) pemerintah daerah setempat lebih kreatif dalam menggali pendapat asli daerah (PAD).

"Kami ingin seluruh SOPD bisa lebih gigih dan kreatif dalam menggali PAD," katanya, Rabu, 2 Februari 2022.

Menurut anggota Fraksi Partai Amanat Nasional ini, langkah itu bisa dilakukan disesuaikan dengan potensi yang dapat dikembangkan. 

Menurut Ardiansyah, semua pihak memahami bahwa kondisi cukup sulit karena perekonomian masih terdampak pandemi. 

Untuk itu dibutuhkan kreativitas setiap SOPD agar retribusi dan pajak daerah tetap bisa mengalir meski nilainya belum sebesar ketika belum terjadi pandemi.

Ia mengaku sependapat dengan Bupati Halikinnor bahwa saat ini pemerintah daerah membutuhkan pimpinan SOPD yang punya terobosan agar tetap maksimal meski di tengah keterbatasan yang ada. 

Ardiansyah meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di setiap SOPD nantinya.

"Dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat diketahui kendala yang dihadapi oleh SOPD yang bersangkutan," tegasnya. 

Ia yakin masih ada peluang-peluang untuk mengoptimalkan PAD meski di tengah pandemi saat ini, apalagi pemulihan ekonomi terus berjalan dan membaik.

"Makanya kami mendorong agar SOPD lebih kreatif," harap Ardiansyah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru