Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan Harus Maksimal

  • Oleh Nopri
  • 03 Februari 2022 - 01:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai sektor. Salah satu sektor yang menjadi perhatiannya adalah sektor kelautan dan perikanan.

Ia meminta agar seluruh pemerintah daerah pada tingkat kabupaten/kota untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya pada sektor perikanan dan kelautan.

"Seperti yang kita tahu, Kalteng memiliki banyak sekali potensi perikanan. Kita memiliki banyak hasil perikanan lokal yang harganya cukup mahal jika di jual ke luar daerah. Ini yang harus dimaksimalkan," katanya, Rabu 2 Februari 2022.

Dia menyakini dengan memaksimalkan sumber daya pada sektor kelautan dan perikanan akan berdampak terhadap meningkatnya perekonomian daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Salah satu program yang saat ini gencar dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kak melalui Dinas Kelautan dan Perikanan adalah Program Shrimp Estate yang saat ini difokuskan di Kabupaten Sukamara.

Program Shrimp Estate merupakan salah satu kegiatan yang dikembangkan khusus oleh Gubernur Kalimantan Tengah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Budidaya Udang Vaname.

Gubernur juga menjalankan beberapa kegiatan menjadi prioritas di sektor kelautan dan perikanan seperti pengembangan perikanan budidaya yang terintegrasi dengan wisata, percepatan perikanan budidaya ikan lokal. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru