Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong Pemda Beri Perhatian Terhadap SDM Tenaga Kerja di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Februari 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Siswandi mendorong pemda di provinsi ini agar dapat memberikan perhatian terhadap sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja yang ada di Kalteng.

Dia mengatakan perhatian yang bisa diberikan pemda yakni seperti meningkatkan kualitas tenaga kerja itu. Sehingga, skill yang dimiliki akan bertambah dan tenaga kerja yang ada bisa semakin kompeten. Perhatian itu pun harus diutamakan kepada tenaga kerja lokal.

"Tenaga kerja kita harus mendapatkan perhatian dari pemda agar kualitas yang dimiliki bisa meningkat dan semakin kompeten pada bidangnya masing-masing. Ini sangat penting dalam menghadapi persaingan. Selain itu juga untuk menunjang pengelolaan kekayaan SDA yang sangat melimpah ini," ujarnya, Jumat, 4 Februari 2022.

Dirinya menilai Kalteng sendiri memiliki cukup banyak tenaga kerja. Akan tetapi keterampilan yang dimiliki tergolong maaih minim, sehingga membuat tenaga kerja lokal kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Untuk itu, perlu peran pemerintah untuk mendorong tenaga kerja lokal Kalteng agar lebih siap dalam menghadapi persaingan di dunia kerja kedepan

Terlebih lagi dengan kondisi atau tren perkembangan Covid-19 yang terus melandai, menurutnya menjadi momen bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan pengembangan SDM tenaga kerja dengan menggencarkan pembinaan, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka.


"Maka dari itu tenaga kerja lokal asli Kalteng harus diperhatikan, dengan pembinaan dan pelatihan keterampilan. Sehingga saat dibutuhkan nanti bisa langsung dipekerjakan, pada perusahaan swasta yang ada dan mereka pun mampu bersaing jika sudah memiliki kualitas," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru