Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Minta Bijak Dalam Setiap Tindakan Terkait Tenaga Kontrak

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Februari 2022 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman meminta kepada Pemprov Kalteng agar dapat bijaksana dalam setiap tindakan terkait tenaga kontrak atau tekon dan evaluasi yang dilakukan kedepan.

"Di sini pemprov harus bijak, karena para tekon ini juga mempunyai tanggungan yang harus dihidupi mulai dari anak dan istri yang kebutuhan kesehariannya itu harus dibiayai. Apalagi mereka bekerja sebagai tekon bukan sebentar saja, tetapi sudah bertahun-tahun," ujarnya, Sabtu, 5 Februari 2022.

Terkait evaluasi atau penyeleksian kembali terhadap para tekon yang dinonaktifkan itu nantinya diharapkan bisa dilakukan secara adil oleh pemprov. Sehingga, evaluasi atau seleksi tersebut tidak membuat para tekon kehilangan pekerjaannya.

"Pemprov harus bisa mengevaluasi atau memberikan seleksi secara adil. Solusinya kedepan kalau memang harus diseleksi lagi jangan sampai itu membuat mereka kehilangan pekerjaan. Sebab, hal itu akan menyulitkan mereka yang kehilangan sumber penghasilan," tuturnya.

Dia menjelaskan, adanya pergantian tekon pun akan memberikan kendala tersendiri bagi pemprov. Karena, para tekon yang baru tentunya membutuhkan waktu untuk belajar beradaptasi dan menguasai bidang pekerjaannya. Hal itulah yang dinilai akan menjadi salah satu kendala yang dapat menghambat pelayanan kepada masyarakat.

"Kita ketahui sendiri tekon ini merupakan pihak yang membantu pekerjaan para PNS, mereka sudah lama bekerja dan menguasai bidangnya masing-masing Kalau itu diganti dengan yang baru kendalanya mereka akan butuh waktu untuk belajar lagi. Terlepas dari itu, pemerintah harus bijak dalam mengambil keputusan, sebab penggantian atau pemberhentian tekon itu kewenangan ada di pemerintah daerah," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru