Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Dusun Timur Gelar Musyawarah Antardesa Terkait Dana Bergulir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Februari 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur menggelar musyawarah antardesa atau MAD terkait laporan pertanggungjawaban Unit Pengelola Dana Bergulir atau UPDB yang diwadahi Badan Kerja Sama Antar Desa, Selasa, 15 Februari 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat dan Kepala Desa  se-Kecamatan Dusun serta Dinas PMDSos.

Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomo yang diwawancarai usai kegiatan menjelaskan, permasalahan yang dihadapi oleh UPDB yakni saat awal pinjaman uang yang disalurkan kepada masyarakat bersifat pinjaman lunak tanpa agunan atau jaminan.

"Karena saat masih di bawah PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) pinjamannya seperti itu tanpa jaminan jadi agak sulit menagihnya ke peminjam atau debitur," ungkap Ristanto.

Meski demikian, dia memastikan bahwa semua bukti pinjaman masih ada di UPDB sehingga penagihan tetap diupayakan oleh UPDB.

"Tadi setelah kita deteksi hanya ada sekitar 4 atau 5 kelompok yang tidak memiliki jaminan karena mereka merupakan peminjam lama," jelasnya.

Untuk pengelolaan dana bergulir selanjutnya pemerintah kecamatan maupun desa menyepakati agar peminjam harus memiliki agunan yang dapat dieksekusi ketika kredit macet.

"Idealnya dalam meminjam debitur harus memiliki kesadaran untuk menyicil karena kepercayaan tersebut yang menjadi jaminan untuk meningkatkan nilai pinjaman, kalau sudah macet nanti tidak bisa dipercaya lagi," terang Ristanto.

Dia mengungkapkan dana pinjaman yang masih mengendap di masyarakat saat ini mencapai Rp 1,5 miliar. Sedangkan total modal yang dimiliki oleh UPDB Dusun Timur mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

"Tadi kami sudah arahkan, tahun ini jika tidak ada itikad baik dari peminjam yang telah melampaui batas waktu melunasi hutang maka segera dieksekusi jaminan yang dimiliki supaya UPDB ini sehat kembali," tandasnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru