Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya: Pembangunan Berkualitas Perlu Dukungan Masyarakat

  • Oleh Hendri
  • 15 Februari 2022 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan berkualitas tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat harus mau ikut terlibat dalam segala bentuk kegiatan pembangunan tersebut.

"Tujuan utama pembangunan ialah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Maka dari itu, pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama dan bekerja keras dalam melaksanakan pembangunan," katanya.

Hal ini disampaikan Umi Mastikah saat membuka musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kecamatan Sebangau, Selasa, 15 Februari 2022.

Ia menuturkan, untuk pembangunan daerah, masyarakat juga memegang peran penting dalam pengambilan keputusan. Sehingga hal ini tidak hanya dilakukan pemerintah daerah melainkan juga turut melibatkan masyarakat.

"Contohnya mengadakan diskusi tentang pembangunan jalan, menyampaikan pendapat terkait pembangunan yang kemudian dituangkan dalam usulan mekanisme Musrenbang kelurahan sampai RKPD kecamatan," jelasnya.

Setelah pembangunan selesai dilakukan, masyarakat juga harus berpartisipasi dalam pemanfaatan hasilnya. Supaya tidak sia-sia dan memang digunakan sebaik mungkin untuk kepentingan bersama dalam jangka panjang.

"Bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan juga bisa dilakukan dengan selalu membayar pajak tepat waktu, tidak merusak fasilitas umum hingga ikut terjun dalam kegiatan pembangunan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru