Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lakukan Pendekatan Lebih Intensif untuk Penuhi Target Vaksinasi

  • Oleh Ramadani
  • 17 Februari 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah terus berupaya untuk memenuhi target vaksinasi covid-19 bagi masyarakat. Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Barito Utara.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Permana Setiawan memberikan apresiasi kepada pemerintah. Namun, kata dia, untuk memenuhi target tersebut, hendaknya tidak ada paksaan maupun ancaman kepada masyarakat untuk wajib mengikuti vaksinasi.

“Karena apabila ada paksaan ataupun ancaman maka program ini bukan untuk masyarakat, tetapi kepentingan pemerintah,” jelasnya.

Memang, kata dia, pemerintah pusat menargetkan kepada pemerintah daerah agar memenuhi target vaksinasi. Akan tetapi, kata dia, pemerintah daerah dapat mengambil kebijakan untuk lebih melakukan pendekatan secara humanis agar program ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Menurutnya, pemerintah daerah perlu melakukan pendekatan yang lebih intensif. “Seperti contoh pemberian doorprize bagi masyarakat yang mengikuti vaksin. Tentu ini lebih diminati masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga dapat melakukan jemput bola ke desa-desa atau tingkat RT. Karena untuk di Barito Utara, fasilitas kesehatan tidak semuanya dekat dengan rumah warga, bahkan di beberapa desa tidak ada fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksinasi.

“Untuk itu, jemput bola dalam program vaksinasi dan pemberian doorprize perlu menjadi pemikiran kita bersama untuk menyukseskan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru