Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Ajak Semua Elemen Dukung Pelestarian Danau Masoraian

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Februari 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung upaya pemerintah dalam menjaga dan melestarikan kawasan hutan.

Hal ini disampaikan Nurhidayah dalam kegiatan penyerahan bantuan mobil operasional dari PT. Sawit Sumbermas Sarana, Tbk (SSMS) kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Komunitas Karya Masoraian, yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati pada Jumat, 18 Februari 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa kepala dinas terkait, yang mewakili Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) ketua  Yayaysan Al-Nursari, lurah Kotawaringin Hilir serta Masyarakat Perduli Api (MPA) Kotawaringin  Hilir.

Bantuan 1 unit mobil ini diperuntukkan sebagai operasional komunitas Masoraian yang telah menerima mandat dari Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam mengelola kawasan danau Masoraian melalui program hutan kemasyarakatan (HKm).

Atas nama pemerintah daerah, Bupati Kobar Nurhidayah mengapresiasi dan mendukung kerjasama ini.

"Bantuan ini tidak hanya untuk mempermudah komunitas karya Masoraian dalam menjalankan amanahnya menjaga kawasan, namun juga sebagai wujud sinergitas antar seluruh pihak terhadap upaya pelestarian lingkungan," kata Nurhidayah.

Nurhidayah juga mengajak seluruh pihak yang ada di Kotawaringin Barat, khususnya masyarakat Kotawaringin Lama untuk dapat mendukung upaya pelestarian danau Masoaraian. Mengingat betapa besar potensi yang ada di
kawasan ini, dari keanekaragaman hayati, budidaya tanaman hutan, jasa lingkungan melalui penyerapan karbon hingga potensi wisata alam dan budaya.

"Berbagai potensi ini haruslah tetap kita jaga dan manfaatkan dengan bijak, kita harapkan komunitas Karya Masoraian mampu menjamin keberlanjutan, serta transformasi ekonomi dan budaya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar hutan," ujarnya.

Nurhidayah menyadari, bahwa pengelolaan kawasan hutan melalui program hutan kemasyarakatan ini memiliki banyak tantangan, perlu dukungan dari seluruh stakeholder yang ada.

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh elemen masyarakat Kotawaringin Barat, untuk dapat berpartisipasi, mendukung, turut menjaga kawasan ini serta bersinergi dengan Komunitas Karya Masoraian serta pihak-pihak terkait dalam rangka menjaga kelestarian danau Masoraian," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru