Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lithuania Minta AS Bantu Pengamanan di Baltik

  • Oleh ANTARA
  • 20 Februari 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Vilnius - Presiden Lithuania Gitanas Nauseda pada Sabtu meminta agar keamanan negara-negara Baltik diperkuat oleh pasukan Amerika Serikat saat kawasan tersebut khawatir dengan penempatan pasukan Rusia di dekat Ukraina.

"Penguatan militer Rusia di perbatasan NATO timur mengubah situasi keamanan," kata presiden melalui pernyataan usai bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di ibu kota Lithuania, Vilnius.

"Penting sekali untuk memperkuat keamanan kawasan (negara-negara Baltik) dengan penambahan pasukan AS dan mempercepat kerja sama dalam pengadaan militer," katanya melanjutkan.

Nauseda sebelumnya mengatakan bahwa Lithuania takut Eropa berada "di ambang perang."

Austin salut pada Lithuania karena melawan tekanan dari Rusia, yang memperkuat militer termasuk dengan mengirim pasukan ke Belarus --negara tetangga Lithuania-- untuk latihan gabungan.

Presiden AS Joe Biden pada Jumat (18/2) mengatakan dirinya yakin Presiden Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina.

Moskow menepis tudingan bahwa mereka berniat menyerbu negara tetangganya itu.

Sementara itu, Austin juga memperhatikan tekanan China terhadap Vilnius. China membatasi perdagangan dengan negara Baltik itu sebagai hukuman lantaran mengakui Taiwan.

"Saya tahu bahwa kunjungan saya bertepatan dengan saat Lithuania mendapat tekanan dari segala penjuru," kata Austin kepada Presiden Nauseda.

Sumber: Reuters/ANTARA

Berita Terbaru