Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Covid-19 Melonjak, Pemko Palangka Raya Diminta Antisipasi Kelangkaan Oksigen Medis

  • Oleh Hendri
  • 21 Februari 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto meminta pemerintah daerah memperkuat sarana dan prasarana rumah sakit dalam menghadapi lonjakan Covid-19 belakangan ini. Salah satu fasilitas yang perlu diperkuat adalah ketersediaan oksigen medis.

"Saya sudah sejak awal memperingatkan pemerintah untuk memperkuat sarana rumah sakit. Misalnya soal ketersediaan oksigen, ini stoknya harus kuat jangan sampai terjadi kelangkaan," katanya, Senin 21 Februari 2022.

Politisi PDIP itu mewanti-wanti pemerintah agar kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19 tidak terjadi seperti tahun lalu. Pasalnya lonjakan Covid-19 dan PPKM level 3 saat ini diperlukan upaya yang cepat dan tepat dari pemerintah.

"Jangan sampai seperti tahun lalu, hampir saja dulu oksigen medis kita menipis. Tentu saja hal ini tidak kita inginkan, makanya harus dipersiapkan dengan baik sebelum ramai-ramai nanti banyak pasien harus dirawat di rumah sakit," tegasnya.

Menurutnya, kebutuhan terhadap oksigen bukan cuma untuk pasien Covid-19 yang gejalanya berat saja, pasien bergejala ringan dan menjalani isolasi mandiri pun terkadang memerlukan oksigen karena mengalami sesak napas.

"Selain pemerintah pihak rumah sakit harus juga siap, kalau tidak mampu maka perlu dipersiapkan cadangannya dimana dan bagaimana teknisnya. Itu persiapannya harus matang semuanya," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru