Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Ketahanan Pangan, Lapas Siapkan 10 Hektar Lahan Tanam Jagung

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Februari 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara membuka lahan seluas 10 hektar yang nantinya akan digunakan untuk menanam jagung.

Kalapas Kelas III Sukamara, Joko Prayitno mengatakan, pembukaan lahan yang dilakukan juga salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas serta memanfaatkan sumber daya yang ada di lapas.

"Dalam membuka lahan ini, kita bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sukamara. Jadi kita menggunakan excavator dinas untuk membersihkan lahan dari berbagai pohon serta akar-akar besar," kata Joko, Selasa, 22 Februari 2022.

Dia menjelaskan, lahan 10 hektar yang dibersihkan tersebut merupakan lahan milik Lapas Sukamara seluas 5 hektar lahan dan 5 hektarnya lahan milik kelompok tani lokal.

"Jadi lahan ini nantinya digunakan sebagai wadah untuk melakukan pengembangan lahan jagung," ujarnya.

Joko menjelaskan, pembukaan lahan ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Lapas Sukamara sebagai salah satu UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Tengah yang ikut dalam Program Ketahanan Pangan Tanaman Jagung dan Padi Tahun 2022 melalui Kegiatan Pengembangan Jagung Wilayah Khusus dari Kementerian Pertanian RI.

"Ini sebagai bentuk partisipasi kita Lapas Sukamara di dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Tentunya kegiatan ini akan memberikan dampak yang sangat positif. Selain nantinya akan berdampak terhadap produktivitas Lapas Sukamara, kegiatan pengembangan lahan jagung dengan luas 10 hektar ini juga akan menjadi salah satu bagian yang dapat mendukung ketahanan pangan nasional di Indonesia," tukas Joko Prayitno.  (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru