Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Kapuas Hulu Himpun Usulan Pembangunan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Februari 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2023 di tingkat kecamatan.

Sejumlah usulan telah disampaikan, dan dihimpun dalam kegiatan tersebut. Beberapa usulan yang mengemuka di antaranya terkait dengan infrastruktur, telekomunikasi dan jaringan listrik.

Kegiatan dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Yan Marto, dihadiri Ketua DPRD Kapuas, Ardiansah beserta rombongan anggota DPRD.

Turut hadir kepala perangkat daerah, unsur Tripika kecamatan, Camat Kapuas Hulu Bambang dan unsur komponen masyarakat dari Kecamatan Kapuas Hulu.

Yanmarto menekankan agar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD harus benar-benar sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas sebagaimana tertuang dalam RPJMD Tahun 2018 - 2023.

“Proses perencanaan juga harus melibatkan masyarakat dengan pendekatan perencanaan dari bawah ke atas," kata Yanmarto, 22 Februari 2022.

Selain itu, dalam perencanaan pembangunan diperlukan harmonisasi dan sinergitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha.

Dia mengatakan bahwa proses pembangunan adalah sebuah upaya berkesinambungan yang dinamis. Setiap usulan yang disampaikan kepada pemerintah kabupaten akan senantiasa ditampung, dicatat dan dianalisa secara cermat sebagai bahan perumusan program sesuai kewenangan pemerintah daerah.

“Kepada pihak pemerintah desa Kepala Dinas PMD meminta agar merencanakan pembangunan desa dengan baik. Desa diminta agar mensinergikan program bersumber APBD, APBN dan APBdes dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat desa,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru