Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Perikanan Harus Mampu Penuhi Standar

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Februari 2022 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dinilai memiliki banyak potensi sumber daya alam untuk memasuki sektor ekspor perikanan ke berbagai negara.

Namun untuk menyukseskan hal itu, diperlukan hasil produk perikanan yang baik sesuai dengan standar kualitas pasar ekspor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Kalteng Darliansjah mengungkapkan, dalam hal ekspor sektor perikanan, daerah harus mampu memenuhi standar ekspor tersebut.

“Ikan atau olahan perikanan lainnya, itu harus memenuhi standar dulu baru bisa diekspor. Makanya kita bermitra dengan pihak karantina ikan, untuk mengecek kualitas produk yang dikirimkan itu sehat bebas dari berbagai penyakit,”ungkapnya baru baru ini.

Darliansjah menuturkan, Kalteng produksi perikanan setiap tahun selalu meningkat. Kemudian dari sisi keberagaman dan kearifan produk perikanan ini sangat banyak.

“Hanya saja bagaimana kita mengoptimalkan yang ada ini. Produk ikan air tawar kita sangat diminati oleh mancanegara,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru