Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dubes Baru China untuk Indonesia Siap Pererat Kerja Sama Kedua Negara

  • Oleh ANTARA
  • 23 Februari 2022 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Duta Besar baru China untuk Indonesia Lu Kang menyatakan kesiapan untuk mempererat kerja sama kedua negara.

“Saya merasa sangat gembira untuk datang ke Indonesia dengan julukan Negara Seribu Pulau ini di awal Tahun Imlek Macan Air dan bertugas sebagai Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia ke-13,” kata Dubes Lu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Lu menyampaikan terima kasih tulus ikhlas dan penghargaan setinggi-tingginya kepada sahabat dari semua lapisan masyarakat yang telah lama mempedulikan dan mendukung perkembangan hubungan China-Indonesia.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara ASEAN dan negara berkembang yang berkedudukan penting dengan pengaruhnya kian meningkat dalam urusan internasional dan regional.

Di bawah kepemimpinan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, lanjut dia, kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia telah berkembang pesat dan mantap.

Lu menambahkan kedua belah pihak menanggulangi pandemi COVID-19 bersama dengan aktif dan memperkuat sinergi strategi pembangunan masing-masing.

Dia menilai kerja sama nyata di bidang perdagangan, investasi dan lain-lain telah membuahkan hasil yang banyak.

Kedua negara menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dalam urusan multilateral untuk bersama-sama membangun komunitas senasib sepenanggungan yang erat.

Selain itu, hubungan China-Indonesia sudah menjadi teladan hubungan bilateral yang berciri kesetaraan, saling menguntungkan dan kerjasama win-win dalam komunitas internasional.

Lu mengatakan Indonesia akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi G20 tahun ini, untuk itu China bersedia bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mensukseskan KTT G20 tersebut.

Saat ini, dia menjelaskan China sudah memulai perjalanan baru membangun negara sosialis modern secara menyeluruh, dan Indonesia juga sedang bekerja keras untuk mewujudkan "Visi Indonesia 2045".

“Sebagai duta besar Tiongkok untuk Indonesia pada momen yang begitu penting ini, sungguh saya merasa amanat ini merupakan sebuah kehormatan mulia dan tanggung jawab besar. Saya bersedia bekerja sama dengan kawan-kawan dari semua lapisan masyarakat di Indonesia, untuk mempererat hubungan, meningkatkan persahabatan, mendorong kerjasama, dan memajukan hubungan persahabatan secara menyeluruh antara Tiongkok dan Indonesia yang bermanfaat bagi kedua negara dan kedua bangsa kita,” ujarnya.

ANTARA

Berita Terbaru