Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percepatan Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Terus Diupayakan

  • Oleh Nopri
  • 24 Februari 2022 - 07:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubenur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus berupaya untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam yang ada di seluruh wilayah kabupaten dan kota.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat kawasan industri agar pengelolaan sumber daya alam dapat lebih optimal. Kalteng memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah hanya saja belum terkelola dengan baik.

"Untuk itu terobosan-terobosan dan inovasi harus terus dilakukan. Ini sangat penting mengingat pada masa pandemi  Covid-19 dana transfer dari pusat ke daerah cenderung terjadi pengurangan. Sehingga pendapatan asli daerah, menjadi satu-satunya sumber pembiayaan pembangunan yang diandalkan sebagai penopang pembiayaan pembangunan prioritas," katanya, Rabu 23 Februari 2022.

Dia menjelaskan, untuk menunjang akseptabilitas baik jalur darat, laut, udara pada kawasan industri, perlu dilakukan berbagi langkah-langkah strategis baik perencanaan pembangunan pelabuhan utama, pengerukan alur sungai dan inisiasi pembangunan pelabuhan ship to ship.

"Dalam rangka menggali potensi yang ada dan mendukung ketahanan pangan nasional, Pemerintah Provinsi Kalteng telah menginisiasi pembangunan Kawasan shrimp estate budidaya udang vaname yang berada di Kabupaten Sukamara," ujarnya.

Selain shrimp estate budidaya udang vaname di Kabupaten Sukamara juga sedang intensif mengembangkan program terintegrasi sawit sapi merupakan alternatif sebagai kawasan baru pengembangan sapi potong di wilayah Kalteng. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru