Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PIK Remaja Berperan dalam Pembinaan Ketahanan Remaja

  • Oleh Nopri
  • 24 Februari 2022 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengatakan, Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja berperan dalam pembinaan ketahanan remaja sebagai upaya pembinaan dan kesejahteraan keluarga.

"PIK Remaja harus menjadi wadah di mana para remaja dilibatkan secara bermakna dalam program ketahanan remaja tujuannya untuk menciptakan kesejahteraan keluarga," katanya, Rabu 23 Februari 2022.

PIK Remaja merupakan wadah bagi para remaja untuk melaksanakan program kegiatan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR)  yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

Motivasi terbesar yang harus dimiliki oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya adalah rasa peduli terhadap sesama. Dengan demikian para pendidik sebaya dan konselor sebaya akan merasa nyaman dan dapat saling memahami permasalahan yang ada.

"Ini juga sudah menjadi bagian yang penting dari bagian program Bangga Kencana. Sebagai respon atas komitmen untuk memperhatikan kesehatan remaja termasuk hak-hak reproduksi mereka," tegasnya.

Dia menjelaskan, secara umum remaja membutuhkan peran teman sebaya mereka untuk berbagi informasi dan konsultasi terkait dengan pergaulan, kehidupan termasuk tentang kegiatan reproduksi.

"Oleh karena itu perlu didisain program yang dapat memberdayakan remaja dan menjadikan mereka sebagai teman yang baik bagi sebayanya, teman curhat yang nyaman bagi sebayanya dan teman berbagi informasi yang dapat dipercaya teman sebayanya," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru