Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Minta Pemerintah Perhatikan Akses Menuju Cagar Budaya

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2022 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta pemerintah agar dapat memperhatikan akses atau infrastruktur jalan menuju cagar budaya, seperti Huma Betang.

Dia mengatakan, akses seperti jalan sangat penting untuk diperhatikan supaya dapat memperlancar perjalanan menuju cagar budaya yang ada.

"Contohnya saja akses jalan menuju Betang Toyoi di Tumbang Malahoi dan Betang Antang Kalang di Tumbang Gagu, untuk menuju kesana harus menulusuri jalan yang cukup sulit," kata dia, Jumat, 25 Februari 2022.

Dia menyarankan, untuk memperhatikan atau meningkatkan akses jalan menuju cagar budaya tersebut, perlu ada tindak lanjut seperti halnya melalui dana sharing antara provinsi maupun kabupaten.

"Karena kalau hanya mengandalkan dana desa untuk meningkatkan jalan itu masih belum mencukupi, jadi perlu adanya dana sharing provinsi dan kabupaten," jelasnya.

Ia berharap ke depan tidak ada lagi cagar budaya yang luput dari perhatian pemerintah, baik itu pembenahan atau revitalisasinya serta kases menuju cagar budaya yang ada. Terlebih seperti Huma Betang sendiri merupakan ikon Kalteng yang mestinya harus dapat dipertahankan. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru