Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gunung Mas Ingatkan PBS untuk Tidak ODOL

  • Oleh Riska Yulyana
  • 26 Februari 2022 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing mengingatkan pada Perusahaan Besar Swasta (PBS) agar truk muatannya tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas jalan atau tidak over dimension and over load (ODOL).

"Kerusakan jalan akan semakin bertambah apabila ODOL terus dilakukan, apalagi kapasitas jalan provinsi yang melintasi Kabupaten Gunung Mas itu masih rendah dan rentan kerusakan apabila dilalui truk ODOL," ujarnya, Jumat 25 Februari 2022.

Lebih lanjut diingatkan oleh Efrensia bahwa investasi di wilayah Kabupaten Gunung Mas diperbolehkan namun jangan sampai merugikan masyarakat setempat.

Oleh karena itu mereka diimbau tidak menutup mata jika ada kerusakan jalan yang mereka lalui tepatnya di ruas jalan yang melalui Kabupaten Gunung Mas.

Perlu diketahui, jalan Palangka Raya - Kuala Kurun yang melintasi Kabupaten Gunung Mas masih dalam kondisi yang perlu diperbaiki.

"Truk angkutan batubara, kayu dan sawit yang melintas di ruas jalan itu, mereka tidak boleh menutup mata, mereka harus bertindak melakukan perbaikan. Tidak bisa hanya satu dua PBS yang melakukan perbaikan, semua PBS yang truk angkutannya melintas wajib melakukan perbaikan. Jangan hanya mau melintas tapi tidak mau melaksanakan perbaikan," jelasnya panjang lebar.

Meski jalan Palangka Raya - Kuala Kurun merupakan wewenang pemerintah provinsi, ia mengaku, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas selalu berkoordinasi dengan pemprov Kalteng terkait kerusakan jalan yang melintasi Gumas.

"Ya sabar dulu, karena untuk penanganan kerusakan jalan provinsi yang melintasi wilayah Gunung mas butuh proses. Sebelum pihak provinsi menangani jalan rusak tersebut, PBS bisa memperbaiki titik-titik jalan yang rusak," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru