Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Industri dan Perekonomian Perlu Sinergitas

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Februari 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapeddalitbang) Kalteng, Kaspinor menilai perlu sinergitas untuk menyukseskan pengembangan industri.

Pertama dimulai dengan memaksimalkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Penguatan SDM untuk menunjang perindustrian bisa mulai dari pendidikan.

“Mulai pendidikan dasar sudah kita kenalkan pengembangan industri ini, sampai dengan perguruan tinggi,” tutur Kaspinor.

Menurutnya, industri nantinya akan menjadikan masa depan untuk masyarakat Kalteng. Selain itu industri akan menjadi salah satu bagian daripada faktor pengembangan perekonomian.

Kaspinor mengatakan disisi lain tidak kalah penting adalah bagaimana memperhatikan pengembangan UMKM yang bersinergi nanti dengan industri, begitu juga seperti sektor pariwisata.

Melalui penguatan pembangunan di Kalteng otomatis orang berlomba-lomba melakukan investasi di tentu ini perlu diimbangi dengan produk jasa dalam hal ini pariwisata.

“Jika langkah ini bisa kita optimalkan, maka Kalteng akan memiliki ekonomi yang kuat. Hal tersebut sudah disampaikan oleh pak gubernur. Jika mampu mengelola SDA yang ada secara maksimal maka dampak pertumbuhan ekonomi akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Kalteng,”pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru