Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kematian Akibat Varian Omicron di Palangka Raya Sangat Rendah

  • Oleh Hendri
  • 26 Februari 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Angka kematian pasien Covid-19 varian Omicron di Palangka Raya jauh lebih rendah dibandingkan Delta yang merupakan gelombang kedua pada 2021 lalu. Meski begitu, warga diminta untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi dosis ketiga.

"Memang benar tingkat kematian sangat rendah, namun nyawa tetap lah hal yang paling berharga dan tidak dapat tergantikan. Jangan sampai lengah, selalu patuhi prokes dan ikuti vaksinasi," kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Palangka Raya, Emi Abriyani, Sabtu, 26 Februari 2022.

Ia mengatakan, varian Omicron menyebar lebih cepat daripada varian Covid-19 lainnya, namun berisiko kecil menimbulkan kematian. Dia meminta masyarakat tidak panik dan jika mengalami gejala ringan, lakukan isolasi mandiri dan minta pelayanan puskesmas.

"Kematian pada masa gelombang ketiga ini lebih rendah dibanding gelombang kedua 2021 lalu. Tapi ingat jangan lengah dan jangan abaikan protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, cakupan vaksinasi yang terus diperluas diharapkan bisa menjadi upaya mengatasi lonjakan kasus Covid-19, sehingga pengetatan kegiatan atau PPKM dapat dihentikan dan pandemi segera berakhir.

"Masyarakat, termasuk anak-anak dan kelompok lanjut usia, untuk segera melengkapi vaksinasi karena vaksinasi telah terbukti mampu melindungi dari risiko gejala berat hingga kematian," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru