Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Evakuasi Burung Kangkareng Hitam Temuan Warga Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 28 Februari 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit mengevakuasi burung kangkareng hitam yang ditemukan warga di sekitar rumahnya, Jalan Anggur 5, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kotawaringin Timur. 

Selanjutnya burung dilindungi itu akan direhabilitasi sementara waktu sebelum dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa Lamandau, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. 

"Arahan dari pimpinan akan dibawa ke Pangkalan Bun direhabilitasi dulu. Kalau sudah siap baru dilepasliarkan," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Senin, 28 Februari 2022. 

Muriansyah menduga, sebelum ditemukan warga burung tersebut pernah dipelihara, yang kemudian terlepas atau sengaja dilepas. Sebab itu karangkareng hitam yang ditemukan warga itu akan sangat rawan mati bila dilepasliarkan langsung tanpa rehabilitasi. 

Awalnya kangkareng hitam itu ditemukan Aminudin, warga Jalan Anggur 5, Sampit, di samping rumahnya. Melihat kondisi burung itu Aminudin kasihan, lalu mengamankannya dan memberi makannya. Kemudian dia menghubungi kerabatnya Karyono untuk diteruskan ke pihak BKSDA Pos Jaga Sampit. 

"Saya didampingi personel Manggala Agni telah melakukan serah terima karangkareng hitam. Burung ini merupakan salah stau burung yang dilindungi oleh Undang-Undang sehingga tak boleh dipelihara apalagi diperjualbelikan," tegas Muriansyah. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru