Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasad ABK Tenggelam di Palangka Raya Ditemukan di Desa Pilang Pulang Pisau

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 01 Maret 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lengkap sudah, salah satu jasad Anak Buah Kapal (ABK) tugboat yang tenggelam di Daerah Aliran Sungai  (DAS) Kahayan Kelurahan Pahandut seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya pada Jumat 17 Desember 2021, akhirnya  ditemukan di Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau pada Senin 28 Februari 2022.

Perwakilan dari KSOP Pulang Pisau di Syahbandar Palangka Raya, Wiwin Iryani Hasanuddin mengatakan, sesuai identifikasi melalui properti yang dikenakan pada saat itu, jasad yang ditemukan di Desa Pilang tersebut bernama Daffa Kholisa Rozaq (20), salah satu ABK yang tenggelam pada 17 Desember 2021.

"Saat ditemukan, kondisi jasad korban, hanya menyisakan bagian badan saja. Sedangkan kepala, leher, tangan dan kaki di bawah lutut sudah tidak ada," kata Wiwin saat dikonfirmasi, Selasa 1 Maret 2022.

Jasad Daffa dievakuasi ke Rumah Sakit dr. Doris Sylvanus Palangka Raya untuk dilakukan visum.

Setelah dilakukan koordinasi ke pihak keluarga korban, jasad Daffa dikebumikan di TPU Km 12 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. 

"Karena kalau kita bawa ke rumah duka di Jawa sana, tidak memungkinkan dengan kondisinya yang sangat memprihatinkan. Sehingga kami putuskan dan atas persetujuan pihak keluarga, jasad korban kita kuburkan di TPU pal 12 Palangka Raya," tandasnya.

Sebelumnya, ABK Tagboat bernama Slamet Hariyadi terlebih dahulu ditemukan pada Jumat 7 Januari 2022. Ketika itu Jasad Slamet ditemukan oleh warga setempat tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP).

Kedua ABK tersebut tenggelam setelah hendak melakukan sandar ke dermaga PT. Karya Halim Sampoerna di Pahandut Seberang.

Saat itu, kedua korban menggunakan kelotok milik masyarakat berupaya naik ke tongkang persiapan sandar. Ditengah proses tersebut, kelotok yang ditumpangi kedua korban di hantam arus deras sungai dan tenggelam. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru