Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi di Kalteng Perlu Dukungan Pemerintah

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Maret 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohanes Freddy Ering mengatakan, koperasi yang ada di Kalteng terutama yang dalam kondisi terpuruk memerlukan dukungan dari pemerintah agar bisa kembali eksis.

Pasalnya, ada begitu banyak koperasi di Kalteng, terutama di wilayah pelosok yang memerlukan perhatian pemerintah baik dari segi pembinaan dan lain-lain. 

"Pemerintah harus maksimal medukung koperasi yang ada di Kalteng ini, terlebih di era perkembangan zaman saat ini banyak koperasi yang terpuruk atau dalam kondisi mati suri. Sebab, kalah bersaing dengan jasa pinjaman lain seperti online yang dari segi proses lebih cepat dan mudah," kata dia, Jumat, 4 Maret 2022.

Dia menyebutkan, memang pada dasarnya masih ada koperasi yang bertahan dan beroperasi di beberapa daerah di Kalteng dan berkembang dengan baik. Namun, ada juga yang dalam kondisi terpuruk atau tidak seeksis dahulu.

"Koperasi yang dalam kondisi terpuruk itu perlu dukungan dan dorongan dari pemerintah supaya bisa kembali berkembang. Bagaimanapun, koperasi merupakan bagian dari jati diri bangsa yang di dalamnya ada landasan semangat gotong-royong serta musyawarah dan mufakat," ujarnya.

Dia berharap, hal tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah, agar koperasi yang ada di Kalteng ini bisa berkembang dan kembali jaya seperti dulu. Selain itu juga, koperasi diharapkan dapat bertransformasi atau berani berubah mengikuti perkembangan zaman.

"Tentu zaman sekarang ini semua serba digital, sehingga apapun bentuk usaha itu termasuk koperasi harus dapat berubah mengikuti perkembangan zaman, untuk memberikan kemudahan. Hal itu juga perlu dukungan dari pemerintah," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru