Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Huma Betang Perlu Terus Dirawat dan Dilestarikan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Maret 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Huma Betang di Kalteng perlu terus dirawat dan dilestarikan supaya keberadaannya tidak hilang tergerus perkembangan zaman yang semakin maju dan berkembang.

"Huma Betang merupakan cagar budaya warisan para leluhur terdahulu dan memiliki sejarah serta falsafah didalamnya. Jadi, keberadaan Huma Betang di provinsi ini harus dapat dipertahankan meski ditengah perkembangan zaman," kata Anggota DPRD Kalteng, Evi Kahayanti, Jumat, 4 Maret 2022.

Menurutnya, dalam upaya melestarikan dan mempertahankan Huma Betang yang menjadi ikon Kalteng ini, memerlukan peran semua pihak baik pemerintah daerah maupun masyarakat yang ada di Bumi Tambun Bungai.

Selain itu, pemerintah daerah diharapkan tidak abai terhadap kewajiban memelihara dan melindungi apa yang sudah menjadi cagar budaya di Kalteng, seperti menyediakan dana pemeliharaan dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan pelestariannya.

Di sisi lain, dalam memelihara atau pengelolaan Huma Betang, juga perlu kerja sama antara pemerintah kabupaten dan provinsi. Sebab, dalam pemeliharaan Huma Betang membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Besarnya anggaran itu tentu tidak akan mampu jika pengelolaannya hanya dilakukan oleh pemerintah kabupaten saja, jadi perlu dukungan dari provinsi. Tapi di sini kami menilai Huma Betang merupakan ikon Kalteng, seharusnya menjadi kewenangan provinsi. Tapi itu kembali lagi pada kemampuan masing-masing. Jika memang tidak mampu, baiknya bekerja sama," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru