Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Omicron Diduga Telah Menyebar Luas di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 07 Maret 2022 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Virus Covid-19 varian Omicron diduga telah menyebar luas di Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini melihat dari gejala-gejala umum yang menyebar di masyarakat saat ini. 

“Kalau melihat dari pola penularannya kemungkinan besar adalah Omicron,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Minggu, 6 Maret 2022. 

Ia menjelaskan, untuk saat ini pihaknya belum memastikan varian virus yang menyerang warga Kotim pada gelombang ketiga Covid-19 ini. Sebab sampai dengan saat ini, sampel yang dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di luar daerah belum diketahui hasilnya.

"Namun, jika melihat dari pola penularan virus dan gejala yang ditunjukan mayoritas pasien Covid-19 sekarang ini, maka diduga kuat disebabkan oleh varian Omicron," katanya. 

Adapun ciri penularan Omicron cepat dan namun gejalanya ringan. Buktinya walaupun kasus tinggi tidak banyak yang opname di rumah sakit. 

"Persentase BOR kami di rumah sakit masih rendah,” terangnya.

Kendati penularan tergolong cepat melihat dari jumlah kasus Covid-19 saat ini mulai menunjukan tren penurunan. Ia berharap tren ini akan terus berlanjut, hingga tak ada lagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru