Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Kapuas Razia Truk ODOL

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Maret 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satlantas Polres Kapuas secara berkelanjutan terus menggelar operasi razia truk yang membawa angkutan melebihi kapasitas atau yang biasa disebut truk ODOL (Over Dimension Over Loading).

Seperti yang telah dilaksanakan personel Saltantas Polres Kapuas melakukan operasi razia truk ODOL di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya perbatasan Kalselteng di Kecamatan Kapaus Timur.

Kasat Lantas Polres Kapuas AKP Sugeng mengatakan operasi ini bertujuan mengurangi jumlah kendaraan ODOL untuk menekan angka terjadinya kecelakaan maupun kerusakan jalan akibat beban kendaraan yang tidak sesuai dimensinya.

"Semua kendaraan yang melintas dilakukan pemeriksaan adapun target kegiatan ini adalah kendaraan yang terjaring dalam operasi ini melanggar muatan atau over load. Namun, ada pula beberapa kendaraan yang terjaring karena over dimension," katanya, Rabu 9 Maret 2022.

Kasat mengimbau kepada pelaku usaha yang memiliki kendaraan truk dan para sopir untuk tidak melanggar ketentuan muatan, baik over dimensi dan over load.

"Ini agar tetap di perhatikan karena kecelakaan berawal dari pelanggaran, kami juga berikan tindakan jika ada yang melanggar," jelasnya.

Petugas juga mengajak para sopir untuk disiplin penerapan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker pada saat di luar rumah, sebagai langkah dalam menanggulangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru