Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diharapkan Dukung Pengembangan Usaha Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Maret 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sudarsono berharap kepada pemerintah agar dapat terus mendukung pengembangan usaha masyarakat yang ada di provinsi ini.

Menurutnya, dukungan dari pemerintah sangat perlu dilakukan agar usaha yang digeluti masyarakat dapat maju dan berkembang. Dan itu juga guna untuk mensejahterakan masyarakat dari segi peningkatan perekonomian.

"Ada banyak usaha masyarakat yang memerlukan dukungan pemerintah. Ini yang perlu menjadi perhatian supaya dapat direalisasi," ujarnya, Rabu, 9 Maret 2022.

Dia mencontohkan, salah satu usaha masyarakat yang perlu didukung yakni pengembangan budidaya ikan gabus atau biasa disebut ikan haruan. Ia menilai usaha ini sangat menjanjikan akan tetapi dalam mengembangkannya masyarakat masih menemui beberapa kendala.

Diungkapkannya, kendala-kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengembangkan usaha ini yaitu minimnya metode pengembangbiakan dan juga ketersediaan pakan. Mengingat selama ini untuk mendapatkan bibit masyarakat harus mencarinya di alam liar atau sungai.

"Begitu juga ketersediaan pakan sangat penting. Karena ikan gabus liar ini tidak mau makan pakan buatan pabrik, kalau ada yang mau juga kendala lain ketersediaannya masih belum memadai," jelasnya.

Dia mengatakan, pakan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membudidaya ikan, oleh karennya pemerintah perlu memikirkan solusi atau terobosan supaya ketersediaan pakan ikan di Kalteng ini dapat terus terpenuhi.

"Dari segi bahan baku kalteng ini sebenarnya melimpah, tapi di sisi lain masih terkendala dalam pengolahannya. Jadi ini yang perlu dipikirkan oleh pemerintah yaitu membuat industri khusus pengolahan pakan ikan di Kalteng, supaya ketersediaan pakan bisa terpenuhi dan juga tidak selalu bergantung dengan provinsi lain," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru