Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alasan Air PDAM Katingan Sempat Berhenti Mengalir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Maret 2022 - 06:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ratusan pelanggan air PDAM khususnya wilayah Kasongan dan sekitarnya Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan sempat mengeluhkan distribusi air yang berhenti mengalir yakni dari Sabtu - Minggu, 6 Maret 2022. Namun sejak Senin 7 Maret 2022 hingga kini distribusi air PDAM tersebut kembali lancar. 

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Kabupaten Katingan, Adiansyah, Rabu 9 Maret 2022 membenarkan jika pada dua hari tersebut itu pendistribusian air PDAM wilayah Kasongan sempat macet karena kondisi ketersediaan air baku yang mengambil air dari Sungai Katingan tengah mengalami penurunan debit air alias surut.

"Iya benar distribusi air PDAM khusus unit dua wilayah Kasongan tidak mengalir Sabtu dan Minggu kemarin, dan itu terjadi sebenarnya bukan terkendala masalah adanya kerusakan mesin PDAM, tapi lebih cenderung kepada kekeringan air baku," sebutnya.

Senin 7 Maret 2022, staf ahli Bupati Katingan ada mendatangi Kantor PDAM untuk menanyakan perihal laporan masyarakat yang beredar di media sosial terkait tidak jalannya air tersebut.

"Jadi kami jelaskan, bahkan langsung ke lokasi apa sebenarnya yang jadi masalah atau penyebab," katanya.

Untuk penyebab utama, Adiansyah mengaku jika pengolahan air baku yang diambil dari Sungai Katingan tidak bisa masuk ke pintu air pengolahan air baku, sebab saat itu kondisi air sungai surut. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru