Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Ingatkan Pemerintah Desa agar Segera Aktifkan BUMDes

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Maret 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengingatkan pemerintah desa agar yang masih menyimpan anggaran untuk pengembangan BUMDes di rekening agar segera menggunakan dana tersebut.

Hal ini disampaikan bupati saat menghadiri penanaman perdana jagung komposit di lahan Balai Benih Holtikultura Desa Netampin, Kamis 10 Maret 2022.

"Sebenarnya banyak peluang usaha yang masih terbuka di wilayah Barito Timur, namun sayangnya hingga saat ini masih banyak BUMDes yang belum berjalan padahal anggaran atau dana sudah diserahkan ke desa untuk usaha BUMDes, namun kenyataan masih ada dana yang mengendap di rekening," ungkapnya.

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan menurut Ampera yakni kerja sama peternakan ayam pedaging dengan perusahaan besar.

“Contoh di Desa Ketab, pemerintah desa membangun kandang ayam menggunakan dana BUMDes, sedangkan ayam, pakan dan obat-obatan disediakan oleh perusahaan yang bekerja sama dengan BUMDes, jadi desa mendapatkan bagi hasil dari hasil penjualan ayam tersebut,” paparnya.

Peluang usaha seperti itu selain dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat  juga dapat menunjang peningkatan pendapatan asli desa atau PADes. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru